Manfaat Terbaik Buah Sirsak untuk Ibu Hamil Muda?

  • Whatsapp
id.theasianparent.com/sirsak-untuk-ibu-hamil

Sirsak adalah buah yang amat kaya akan zat-zat tertentu yang berkhasiat, seperti zat anti kanker, antimikroba, mulai dari akar sampai daun. Tak hanya itu, pada buah sirsak juga mengandung cukup tinggi vitamin c, vitamin B , serta meningkatkan energi.

Sirsak telah banyak digunakan sebagai obat untuk menangani berbagai penyakit. Sesuai dengan studi, daun sirsak bisa menyembuhkan kanker kanker, juga biji, daun, akar dan kulit tanaman bisa membantu dalam menghilangkan berbagai macam penyakit.

Read More

Tapi apakah buah sirsak ini bermanfaat bagi ibu hamil? dan tanpa efek samping?

Mari kita ketahui dulu manfaat buah sirsak, dan lebih jauh khususnya bagi ibu hamil muda:

orami.co.id

Antimikroba

Jika dikonsumsi rutin, ternyata buah sirsak bisa mengurangi jumlah bakteri jahat dalam pencernaan kita. Hal ini karena buah ini memiliki sifat antbakteri dan mengandung tinggi vitamin c.

Mencegah darah tinggi

Sirsak memiliki memiliki bioaktivitas tinggi. Yang artinya dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi penderita hipertensi.

Anti kanker

Sirsak memiliki sifat antikanker, karena menghambat pengiriman adinosin trifosfat untuk sel-sel kanker. Acetogenin adalah zat yang terkandung dalam sirsak, mampu mengenali mana sel-sel yang sehat dan mana sel-sel kanker serta menghambat pertumbuhannya.

Efek samping sirsak

Meskipun sirsak adalah alami dan banyak memiliki khasiat obat, ternyata juga memiliki efek samping. Efek yang paling vital adalah dapat menghambat regenerasi syaraf bahkan disfungsi syaraf dan menyebabkan penyakit parkinson. Ini adalah hasil studi pertama yang dilakukan oleh peneliti Perancis di Guadeloupe.

Namun dampak neurologis sirsak tersebut hanya ditemukan pada kelompok orang/masyarakat yang setiap waktu menggunakan sirsak sebagai makanan dan obat-obatan.

Namun dalam bukunya yang berjudul “The Healing Power of Rainforest Herbs,” botanis Leslie Taylor mengakui bahwa biji dan akar sirsak mengandung alkaloid yang telah menunjukkan efek neurotoksik dalam uji. Untuk alasan ini, ia merekomendasikan hanya menggunakan daun sebagai penggantinya.

WARNING! Sirsak untuk ibu hamil muda atau seluruh usia kehamilan!

Wanita hamil disarankan untuk menghindari sirsak karena tidak aman bagi mereka. hal ini karena sirsak mengandung energi yang terlalu tinggi, dan dalam sel-sel janin yang masih berkembang dapat memicu aktivitas racun.

Tanaman ini juga ditemukan merangsang rahim dalam studi yang dilakukan pada hewan. Bahkan hingga ibu yang menyususi juga disarankan sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah sirsak.

Memang sirsak mengandung vitamin dan efek yang positif bagi kesehatan, namun ibu hamil masih bisa mengkonsumsi buah lain yang lebih aman seperti pepaya, jeruk. mangga, dll.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *